Sabtu, 21 Maret 2020

Materi dan Tugas AKPEM Kelas XI SMK BHINNEKA NUSANTARA


Jenis/ Unsur Laporan Keuangan Pemerintah (Daerah)

Jenis atau komponen laporan keuangan pemerintah daerah jika kita mengacu pada PSAP Nomor 1, maka komponen-komponen yang ada pada laporan keuangan pemerintah terdiri dari 2 hal, yaitu laporan pelaksanaan anggaran (budgetary reports) dan laporan keuangan, sehingga seluruh komponen laporan keuangan pemerintah daerah antara lain : Laporan Realisasi Anggaran (LRA), Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih (Perubahan SAL), Neraca, Laporan Operasional (LO), Laporan Arus Kas, Laporan Perubahan Ekuitas, dan Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK).

Berdasarkan uraian di atas, setidaknya ada 7 jenis laporan keuangan pemerintah, baik itu laporan keuangan pemerintah pusat maupun laporan keuangan pemerintah daerah (provinsi/ kabupaten/kota). Untuk lebih mendalami masing-masing jenis laporan keuangan pemerintah, berikut ini akan kita kaji satu persatu.

1. Laporan Realisasi Anggaran 
Laporan keuangan pemerintah yang pertama yaitu Laporan Realisasi Anggaran atau disingkat LRA. LRA berdasarkan PP Nomor 71 tahun 2010, adalah laporan keuangan pemerintah yang menyajikan ikhtisar sumber, alokasi, dan pemakaian sumber daya keuangan, yang dikelola oleh pemerintah pusat/daerah, yang menggambarkan perbandingan antara anggaran dan realisasinya dalam Satu periode pelaporan.

Secara detail, jenis laporan keuangan pemerintah ini mengandung 4 unsur, antara lain : pendapatan-LRA, belanja, transfer, dan Pembiayaan. Berikut ini penjelasan tiap-tiap unsur dalam Laporan Realisasi Anggaran (LRA).
a. Pendapatan-LRA adalah penerimaan oleh bendahara umum negara/daerah atau oleh entitas pemerintah lainnya, yang menambah saldo anggaran lebih dalam periode tahun anggaran yang bersangkutan, yang menjadi hak pemerintah dan tidak perlu dibayar kembali oleh pemerintah
b. Belanja adalah semua pengeluaran oleh bendahara Umum negara/daerah yang mengurangi saldo anggaran lebih dalam periode tahun anggaran bersangkutan yang tidak akan diperoleh pembayarannya kembali oleh pemerintah
c. Transfer adalah penerimaan atau pengeluaran uang oleh suatu entitas pelaporan dari atau kepada entitas pelaporan lain termasuk dana perimbangan dan dana bagi hasil.
d. Pembiayaan (financing) adalah setiap penerimaan/ pengeluaran yang tidak berpengaruh pada kekayaan bersih entitas yang perlu dibayar kembali dan atau akan diterima kembali, baik pada tahun anggaran bersangkutan maupun tahun tahun anggaran berikutnya, yang dalam penganggaran pemerintah terutama dimaksudkan untuk menutup defisit atau memanfaatkan surplus anggaran. Penerimaan pembiayaan antara lain dapat berasal dari pinjaman dan hasil divestasi. Pengeluaran pembiayaan antara lain digunakan untuk pembayaran kembali pokok pinjaman, pemberian pinjaman kepada entitas lain, dan penyertaan modal oleh pemerintah

Selanjutnya, suatu entitas pelaporan mempunyai batas waktu dalam menyajikan laporan realisasi anggaran, yaitu selambat-lambatnya 6 bulan setelah berakhirnya tahun anggaran. Jenis laporan keuangan pemerintah ini disajikan sehingga menunjukkan berbagai unsur pendapatan, belanja, surplus atau defisit, dan pembiayaan yang diperlukan untuk penyajian yang wajar. Laporan realisasi anggaran dijelaskan lebih lanjut dalam Catatan Atas Laporan Keuangan (CaLK) yang memuat hal-hal yang mempengaruhi pelaksanaan anggaran seperti kebijakan fiskal dan moneter, sebab-sebab terjadinya perbedaan yang material antara anggaran dan realisasinya, serta daftar-daftar yang merinci lebih lanjut angka-angka yang dianggap perlu untuk dijelaskan.

2. Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih
Sama halnya jenis laporan keuangan pemerintah di atas, bahwa semua jenis laporan keuangan pemerintah yang kami sajikan ini berdasarkan PP nomor 71 tahun 2010. Dalam kaitannya dengan Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih,  laporan ini merupakan laporan keuangan pemerintah yang menyajikan informasi kenaikan atau penurunan saldo anggaran lebih tahun pelaporan dibandingkan dengan tahun sebelumnya,

sementara itu, dalam PSAP nomor 1 paragraf 41 dijelaskan bahwa Laporan Perubahan SAL menyajikan secara komparatif dengan periode sebelumnya pos-pos berikut :
a. Saldo anggaran lebih awal
b. Penggunaan saldo anggaran lebih
c. Sisa lebih atau kurang pembiayaan anggaran tahun berjalan
d. Koreksi kesalahan pembukuan tahun sebelumnya
e. Lain-lain
f. Saldo anggaran lebih akhir

3. Neraca 
Jenis laporan keuangan pemerintah yang ketiga yaitu laporan neraca. Neraca (PP nomor 71 tahun 2010 ) merupakan jenis laporan keuangan pemerintah yang menggambarkan posisi keuangan suatu entitas pelaporan mengenai aset, kewajiban, dan ekuitas, pada tanggal tertentu. Di dalam laporan neraca, ada 3 unsur yang harus ada di dalamnya, antara lain : aset, kewajiban, dan ekuitas. Berikut ini penjelasan lebih detailnya.

a. Aset adalah sumber daya ekonomi yang dikuasai dan atau dimiliki oleh pemerintah sebagai akibat dari peristiwa masa lalu dan dari mana manfaat ekonomi dan atau sosial di masa depan diharapkan dapat diperoleh, baik oleh pemerintah maupun masyarakat serta dapat diukur dalam satuan uang, termasuk sumber daya non keuangan yang diperlukan untuk penyediaan jasa bagi masyarakat umum, dan sumber-sumber daya yang dipelihara karena alasan sejarah dan budaya

b. Kewajiban adalah utang yang terjadi dari kejadian di masa lalu yang penyelesaiannya mengakibatkan terjadinya aliran keluar sumber daya ekonomi pemerintah
c. Ekuitas adalah kekayaan bersih pemerintah yang dapat dihitung dengan cara mencari selisih antara aset dan kewajiban pemerintah.

4. Laporan Operasional
Menurut PP nomor 71 tahun 2010, laporan operasional adalah jenis laporan keuangan pemerintah (pusat/ daerah) yang menyajikan ikhtisar sumber daya ekonomi, yang menambah ekuitas dan penggunaannya yang dikelola oleh pemerintah pusat atau daerah untuk kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dalam satu periode pelaporan. Sama halnya jenis laporan keuangan pemerintah lain, dalam laporan operasional, terdapat beberapa unsur laporan, antara lain : pendapatan-LO, beban, transfer, dan pos-pos luar biasa.

Berikut ini penjelasan masing-masing unsur laporan :
a. pendapatan -LO adalah hak pemerintah yang diakui sebagai penambah nilai kekayaan bersih
b. beban adalah kewajiban pemerintah yang diakui sebagai pengurang nilai kekayaan bersih
c. transfer adalah hak penerimaan atau kewajiban pengeluaran uang dari atau oleh suatu entitas pelaporan dari atau kepada entitas pelaporan lain termasuk dana perimbangan dan dana bagi hasil
d. pos luar biasa adalah pendapatan luar biasa atau beban luar biasa yang terjadi karena kejadian atau transaksi yang bukan merupakan operasi biasa tidak diharapkan sering atau rutin terjadi dan berada di luar kendali atau pengaruh entitas bersangkutan

Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Jenis, Komponen, Unsur)

5. Laporan Perubahan Ekuitas
Berdasarkan PSAP Nomor 1, Laporan perubahan ekuitas menyajikan sekurang-kurangnya Pos :
a. Ekuitas awal
b. Surplus atau defisit hello pada periode bersangkutan
c. Koreksi- koreksi yang langsung menambah atau mengurangi ekuitas yang antara lain berasal dari dampak kumulatif yang disebabkan oleh perubahan kebijakan akuntansi dan koreksi kesalahan mendasar misalnya

• Koreksi kesalahan mendasar dari persediaan yang terjadi pada periode periode sebelumnya
• Perubahan nilai aset tetap karena revaluasi aset tetap
d. Ekuitas akhir

6. Laporan Arus Kas
Laporan arus kas menyajikan informasi kas sehubungan dengan aktivitas operasi, investasi, pendanaan, dan transitoris yang menggambarkan saldo awal penerimaan pengeluaran dan saldo akhir kas pemerintah pusat atau daerah selama periode tertentu.

Unsur yang dicakup dalam laporan arus kas terdiri dari penerimaan dan pengeluaran kas yang masing-masing dapat dijelaskan sebagai berikut :
a. penerimaan kas adalah semua arus kas yang masuk ke bendahara umum negara/ daerah
b. Pengeluaran kas adalah semua aliran kas yang keluar dari bendahara umum negara/ daerah

Secara lebih rinci, 4 aktivitas dalam laporan arus kas antara lain :
a. Aktivitas operasi dalam laporan arus kas adalah aktivitas penerimaan dan pengeluaran kas yang ditunjukkan untuk kegiatan operasional pemerintah selama satu periode akuntansi.
• Arus kas masuk dari aktivitas operasi terutama diperoleh dari penerimaan perpajakan, penerimaan negara bukan pajak, hibah, penerimaan bagian laba perusahaan negara/daerah, penerimaan lain-lain atau penerimaan dari pendapatan luar biasa.
• Sedangkan arus kas keluar untuk aktivitas operasi terutama digunakan untuk pembayaran pegawai, barang, bunga, subsidi, hibah, bantuan sosial, dan lain-lain

b. Aktivitas investasi dalam laporan arus kas adalah aktivitas penerimaan dan pengeluaran kas yang ditunjukkan untuk perolehan dan pelepasan aset tetap, serta investasi lainnya yang tidak termasuk dalam setara kas.
• Arus kas masuk dari aktivitas investasi terdiri dari penjualan aset tetap, penjualan aset lainnya, penerimaan dari divestasi pencairan dana cadangan, , dan penjualan investasi dalam bentuk sekuritas.
• Sedangkan arus kas keluar dari aktivitas investasi terdiri dari perolehan aset tetap, perolehan aset lainnya, pembentukan dana cadangan, penyertaan modal pemerintah, dan pembelian investasi dalam bentuk sekuritas.

c. Aktivitas pendanaan dalam laporan arus kas adalah aktivitas penerimaan dan pengeluaran kas yang berhubungan dengan pemberian piutang jangka panjang dan atau pelunasan utang jangka panjang yang mengakibatkan perubahan dalam jumlah dan komposisi piutang jangka panjang dan utang jangka panjang.
• Arus kas masuk dari aktivitas pendanaan antara lain penerimaan utang luar negeri, penerimaan utang obligasi, penerimaan kembali pinjaman kepada pemerintah daerah, penerimaan kembali pinjaman kepada perusahaan negara.
• Arus kas keluar dari aktivitas pendanaan antara lain pembayaran cicilan utang pokok pembayaran pokok utang obligasi pengeluaran kas untuk dipinjamkan kepada pemerintah daerah pengeluaran kas untuk di pinjamkan kepada perusahaan negara

d. Aktivitas transitoris dalam laporan arus kas adalah aktivitas penerimaan dan pengeluaran kas yang tidak termasuk dalam aktivitas operasi, investasi, dan pendanaan. Arus kas dari aktivitas transitoris adalah transaksi perhitungan pihak ketiga (PFK), pemberian atau penerimaan kembali uang persediaan kepada atau dari bendahara pengeluaran, serta kiriman uang.

PFK menggambarkan kas yang berasal dari jumlah dana yang dipotong dari surat perintah membayar atau diterima uang tunai untuk pihak ketiga, misalnya potongan Taspen, dan Askes. Kiriman uang menggambarkan mutasi kas antar rekening kas umum negara/daerah.

7. Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK)
Berdasarkan PP No 71 tahun 2010, CALK merupakan jenis laporan keuangan pemerintah yang nenuat catatan atas laporan keuangan, meliputi penjelasan naratif atau rincian dari angka yang tertera dalam laporan realisasi anggaran, laporan peribahan SAL, laporan operasional, laporan perubahan ekuitas, neraca, da laporan aruas kas.

Selain itu, jenis laporan keuangan pemerintah ini juga mencakup informasi tentang kebijakan akuntansi yang digunakan oleh entitas pelaporan dan informasi lain yang diharuskan dan dianjurkan untuk diungkapkan dalam Standar Akuntansi Pemerintahan serta ungkapan-ungkapan yang diperlukan untuk menghasilkan penyajian laporan keuangan secara wajar.  #sumber https://annisawally0208.blogspot.com

DARI MATERI DI ATAS MAKA JAWABLAH PERTANYAAN DIBAWAH INI
1. MENURUT KAMU DARI 7 LAPORAN DIATAS APAKAH SALING MEMILIKI KAITAN?
2. MENURUT KAMU DARI KE 7 LAPORAN DIATAS MANAKAH LAPORAN YANG PALING MEMLIKI PENGARUH TERHADAP SUATU ORGANISASI PEMERINTAH ?
3. APA PERBEDAAN ANTARA LAPORAN LRA DAN LO?

JAWAB DIKOLOM KOMENTAR DENGAN FORMAT
NAMA       :
KELAS      :
JAWABAN :

29 komentar:

  1. Nama :Ririn Sofi Andita
    Kelas :XI Akuntansi
    Jawaban :
    1. Iya dari 7 laporan diatas masing masing memiliki keterkaitan misalnya laporan laporan diatas tersebut membahas tentang laporan keuangan atau anggaran pemerintah.
    2. CALK (Catatan Atas Laporan Keuangan) karena laporan ini mencakup tentang kebijakana akuntansi yang di gunakan oleh entitas pelaporan dan informasi lain yang di haruskan dan di anjurkan untuk di ungkapkan dalam standar akuntansi pemerintah serta ungkapan ungkapan yang di perlukan untuk menghasilkan penyajian laporan keuangan secara wajar.
    3. Perbedaan LRA dan LO adalah, LRA menyajikan ikhtisar sumber alokasi dan pemakaian sumber daya keuangan, sedangkan LO menyajikan ikhtisar sumber daya ekonomi.

    BalasHapus
  2. Nama :Dea Nurlaila Putri
    Kelas:XI-Akuntansi
    JAWABAN

    1.Memiliki keterkaitan satu sama lain karena masing-masing menjelaskan tentang penyajian ikhtisar,pemakaian sumber daya keuangan yg dikelola oleh pemda,pos equitas awal juga mengambarkan perbandingan jumlah anggaran dan realisasi.

    2.Yaitu Catatan Atas Laporan Keuangan/CALK,karna laporan ini memuat catatan atas laporan keuangn juga penjelasan naratif atau rincian dari angka yg tertera di setiap laporan.

    3.-LRA,Laporan yg menyajikan ikhtisar sumber alokasi,dan pemakaian sumber daya Keuangan
    Sedangkan -LO,Laporan Keuangan Pemerintah yg menyajikan ikhtisar sumber daya Ekonomi yg tujuanya untk menambah Equitas dan penggunaanya.

    BalasHapus
  3. Nama :Dea Nurlaila Putri
    Kelas:XI-Akuntansi
    JAWABAN

    1.Memiliki keterkaitan satu sama lain karena masing-masing menjelaskan tentang penyajian ikhtisar,pemakaian sumber daya keuangan yg dikelola oleh pemda,pos equitas awal juga mengambarkan perbandingan jumlah anggaran dan realisasi.

    2.Yaitu Catatan Atas Laporan Keuangan/CALK,karna laporan ini memuat catatan atas laporan keuangn juga penjelasan naratif atau rincian dari angka yg tertera di setiap laporan.

    3.-LRA,Laporan yg menyajikan ikhtisar sumber alokasi,dan pemakaian sumber daya Keuangan
    Sedangkan -LO,Laporan Keuangan Pemerintah yg menyajikan ikhtisar sumber daya Ekonomi yg tujuanya untk menambah Equitas dan penggunaanya.

    BalasHapus
  4. NAMA : SITI LARAS APRIANTI
    KELAS : XI AK
    JAWABAN :
    1.) Jenis atau komponen laporan keuangan pemerintah (daerah) dari 7 laporan di atas saling memiliki kaitan. Karena, PP No.71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan.
    Laporan keuangan pemerintah daerah yang merupakan gabungan dari LK SKPD yang ada dalam pemerintahan daerah sesuai Kerangka Konseptual PP No. 71 Th. 2010 Paragraf 24.
    Berdasarkan PP No. 71 tahun 2010 paragraf 61-62, laporan realisasi anggaran menyajikan ikhtisar sumber, alokasi dan pemakaian sumber daya keuangan.
    Menurut Kerangka Konseptual PP No.71 Tahun 2010, entitas pelaporan mempunyai kewajiban untuk melaporkan hasil yang dicapai dalam pelaksanaan kegiatan secara sistematis dan terstruktur pada suatu periode pelaporan untuk kepentingan :
    • Akuntabilitas
    • Manajemen
    • Transparansi
    • Keseimbangan Antargenerasi
    • Evaluasi Kinerja

    2.) Berdasarkan uraian di atas, setidaknya ada 7 jenis laporan keuangan pemerintah,baik itu laporan keuangan pemerintah pusat maupun laporan keuangan pemerintah daerah (provinsi/ kabupaten/kota). Laporan yang paling memiliki pengaruh terhadap suatu organisasi pemerintah adalah Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK) karena, menurut PSAP No.4 Paragraf 64 biasanya disajikan dengan susunan sebagai berikut :
    • Informasi Umum tentang entitas pelaporan dan entitas akuntansi
    • Kebijakan fiskal / keuangan dan ekonomi makro
    • Ikhtisar pencapaian target keuangan berikut hambatan dan kendalanya
    • Kebijakan akuntansi yang penting
    Penjelasan pos-pos Laporan Keuangan
    Pengungkapan informasi yang diharuskan oleh Pernyataan Standar Akuntansi pemerintah yang belum disajikan dalam lembar muka LK
    Informasi tambahan lainnya yang diperlukan

    3.) Perbedaan antara Laporan Realisasi Anggaran (LRA) dengan Laporan operasial (LO) adalah :
    • Laporan LRA (Laporan Realisasi Anggaran) adalah laporan yang menyajikan perbandingan antara realisasi pendapatan dan belanja dengan estimasi pendapatan dan pagu anggarannya yang telah ditetapkan pada awal tahun
    • Laporan LO (Laporan Operasional) adalah laporan yang menyajikan kegiatan operasional keuangan yang mencakup pendapatan, biaya, dan surplus/defisit disandingkan dengan periode sebelumnya



    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Siti Aisyah Ys
      Kelas : XI-Ak
      Jawaban :
      1. Iya 7 laporan di atas memiliki keterkaitan, karena 7 laporan di atas melaporkan posisi keuangan suatu pemerintahan seperti laporan realisasi anggaran surplus atau tidaknya keuangan pemerintah, laporan kenaikan atau penurunan saldo, posisi keuangan,ikhtisar sumber daya ekonomi,perubahan equitas,arus kas,dan juga catatan atas laporan keuangan yang menyajikan akun akun yang sudah di sebutkan sebelumnya,sehingga 7 laporan tersebut saling berkaitan karena 6 laporan tersebut akan menjadi bukti dari catatan atas laporan keuangan ( calk ) yang berfungsi untuk menyakijan posisi keuangan /laporan keuangan dalam suatu pemerintahan. dan juga apabila salah satu laporann tidak ada, maka tidak akan lengkap laporan keuangan suatu pemerintahan, karenanya 7 laporan keuangan tersebut saling berkaitan.

      2 yaitu laporan calk (catatan atas laporan keuangan ) kerena di dalamnya menyajikan suatu informasi laporan keuangan secara lengkap mulai dari LRA,perubahan saldo anggaran,neraca,perubahan equitas (modal),laporan operasional,dan juga laporan arus kas. atau Calk merupakan laporan yang menyajikan rincian angka dari setiap laporan keuangann secara narati. sehingga sangat mempengaruhi suatu organisasi pemerintahan karena dari laporan tersebut pemerintah akan mengetahui posisi keuangannya (keuangan yang ada pada pemerintah tersebut

      3)Kalau LRA berdasarkan PP Nomor 71 tahun 2010, adalah laporan keuangan pemerintah yang menyajikan ikhtisar sumber, alokasi, dan pemakaian sumber daya keuangan, yang dikelola oleh pemerintah pusat/daerah, yang menggambarkan perbandingan antara anggaran dan realisasinya dalam Satu periode pelaporan.
      Sedangkan,
      Menurut PP nomor 71 tahun 2010, laporan operasional adalah jenis laporan keuangan pemerintah (pusat/ daerah) yang menyajikan ikhtisar sumber daya ekonomi, yang menambah ekuitas dan penggunaannya yang dikelola oleh pemerintah pusat atau daerah untuk kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dalam satu periode pelaporan.

      Hapus
  5. Nama:Alia Nur Sabrina
    Kelas: XI-AK
    Jawaban:JAWABAN : 1.Iyh,karena laporan merupakan hasil dari proses akuntansi yang dapat di gunakan sebagai alat komunikasi antara data keuangan suatu perusahaan dengan pihak yang berkepentingan dengan data atau aktivitas perusahaan
    2.Laporan operasional karena menambah ekuitas dan penggunaannya yang dikelola oleh pemerintah pusat atau daerah untuk kegiatan penyelenggaraan pemerintahan satu periode pelaporan.

    3. Perbedaan LRA dan LO:
    - LRA adalah laporan keuangan pemerintah yang menyajikan ikhtisar sumber, alokasi, dan pemakaian sumber daya keuangan, yang dikelola oleh pemerintah pusat/daerah.
    - LO adalah adalah jenis laporan keuangan pemerintah (pusat/ daerah) yang menyajikan ikhtisar sumber daya ekonomi, yang menambah ekuitas dan penggunaannya.

    BalasHapus
  6. JAWABAN : 1. Iyh,karena laporan merupakan hasil dari proses akuntansi yang dapat di gunakan sebagai alat komunikasi antara data keuangan suatu perusahaan dengan pihak yang berkepentingan dengan data atau aktivitas perusahaan
    2.Laporan operasional karena menambah ekuitas dan penggunaannya yang dikelola oleh pemerintah pusat atau daerah untuk kegiatan penyelenggaraan pemerintahan satu periode pelaporan.

    3. Perbedaan LRA dan LO:
    - LRA adalah laporan keuangan pemerintah yang menyajikan ikhtisar sumber, alokasi, dan pemakaian sumber daya keuangan, yang dikelola oleh pemerintah pusat/daerah.
    - LO adalahl adalah jenis laporan keuangan pemerintah (pusat/ daerah) yang menyajikan ikhtisar sumber daya ekonomi, yang menambah ekuitas dan penggunaannya.

    BalasHapus
  7. Nama : Siti nurmala sari
    Kelas : XI - Akuntansi
    Jawaban :

    1. Tentunya saling berkaitan, karena laporan-laporan tersebut berisi tentang laporan keuangan dan pelaksanaan anggaran. meskipun semua jenis laporan tersebut saling berkaitan, namun masing-masing tetap berdiri sendiri dan tidak dapat menggantikan satu sama lain.

    2. Yaitu Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK)
    Karena CALK merupakan jenis laporan keuangan pemerintah yang memuat catatan atas laporan keuangan, meliputi penjelasan naratif atau rincian dari angka yang tertera dalam laporan realisasi anggaran, laporan perubahan SAL, laporan operasional, laporan perubahan ekuitas, neraca, dan laporan arus kas.

    3. LRA adalah laporan keuangan pemerintah yang menyajikan ikhtisar sumber, alokasi, dan pemakaian sumber daya keuangan, yang dikelola oleh pemerintah pusat/daerah, yang menggambarkan perbandingan antara anggaran dan realisasinya dalam Satu periode pelaporan.

    sedangkan LO adalah jenis laporan keuangan pemerintah (pusat/ daerah) yang menyajikan ikhtisar sumber daya ekonomi, yang menambah ekuitas dan penggunaannya yang dikelola oleh pemerintah pusat atau daerah untuk kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dalam satu periode pelaporan.

    BalasHapus
  8. Nama : NURSINTA
    kelas: XI-AKUNTANSI

    Jawaban
    1.iya, karena termasuk komponen laporan keuangan daerah berdasarkan pp no 71 th 2010
    2. Yaitu Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK)
    Karena merupakan jenis laporan keuangan pemerintah yang nemuat catatan atas laporan keuangan, yg meliputi penjelasan naratif atau rincian dari angka yang tertera dalam laporan realisasi anggaran, laporan peribahan SAL, laporan operasional, laporan perubahan ekuitas, neraca, da laporan aruas kas.
    3.Laporan Realisasi Anggaran(LRA)
    Adalah yg menyajikan ikhtisar sumber alokasi. Seperti pendapatan, belanja, tranfer dan pembiayaan.
    Sedangkan Laporan Operasional (LO)
    Adalah yg menyajikan ikhtisar sumber daya ekonomi. Sepertipendapatan-LO, beban, transfer, dan pos-pos luar biasa.adapun laporan LRA tidak terdapat beban, dan laporan LO tidak terdapat pembiayaan

    BalasHapus
  9. Nama:siskaAprilia
    Kelas:XI Akuntansi
    Jawaban
    1. Iya dari 7 laporan diatas masing masing memiliki keterkaitan misalnya laporan laporan diatas tersebut membahas tentang laporan keuangan atau anggaran pemerintah
    2. Yaitu Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK)
    Karena merupakan jenis laporan keuangan pemerintah yang nemuat catatan atas laporan keuangan, yg meliputi penjelasan naratif atau rincian dari angka yang tertera dalam laporan realisasi anggaran, laporan peribahan SAL, laporan operasional, laporan perubahan ekuitas, neraca, da laporan aruas kas.

    3. Perbedaan LRA dan LO:
    - LRA adalah laporan keuangan pemerintah yang menyajikan ikhtisar sumber, alokasi, dan pemakaian sumber daya keuangan, yang dikelola oleh pemerintah pusat/daerah.
    - LO adalah adalah jenis laporan keuangan pemerintah (pusat/ daerah) yang menyajikan ikhtisar sumber daya ekonomi, yang menambah ekuitas dan penggunaannya

    BalasHapus
  10. Nama : Ira rahmadian
    Kelas : XI Akuntansi
    Jawaban:
    1.) Berhubungan, dari ke 7 laporan keuangan itu sangat berkaitan Karena Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 71 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), Komponen-komponen yang terdapat dalam satu set laporan keuangan berbasis akrual terdiri dari laporan pelaksanaan anggaran (budgetary reports) dan laporan finansial, yang jika diuraikan adalah sebagai berikut:
    Laporan Realisasi Anggaran;
    Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih;
    Laporan Operasional;
    Laporan Perubahan Ekuitas;
    Neraca;
    Laporan Arus Kas;
    Catatan atas Laporan Keuangan.
    2.) Dari ke 7 laporan di atas menurut saya yang paling berpengaruh terhadap suatu organisasi pemerintahan yaitu CALK karena catatan atas Laporan Keuangan (CaLK) adalah salah satu unsur laporan keuangan yang menyajikan informasi tentang penjelasan atau daftar terinci atau analisis atas nilai suatu pos yang disajikan dalam Laporan Realisasi Anggaran (LRA), Neraca, dan Laporan Arus Kas (LAK) dalam rangka pengungkapan yang memadai. Yang memiliki fungsi untuk :
    memberikan penjelasan atau rincian dari pos yang disajikan dalam laporan keuangan dan
    informasi tentang pos yang tidak memenuhi kriteria pengakuan dalam laporan keuangan.
    3.) Secara garis besar perbedaan antara Laporan Realisasi Anggarandan Laporan Operasional adalah sebagai berikut :
    1. Pengelompokan pada LRA terdiri dari pendapatan, belanja, transferdan pembiayaan, sedangkan pengelompokan pada LO terdiri daripendapatan dan beban dari kegiatan operasional, surplus/defisit darikegiatan non operasional dan pos-pos luar biasa.
    LRA : Pendapatan-LRA, belanja, transfer, pembiayaan
    LO : Pendapatan-LO,beban, transfer, Pos luar biasa
    2. Basis akuntansi :
    Salam hal anggaran disusun dan dilaksanakan berdasar basis kas,maka LRA disusun berdasarkan basis kas dan bilamana anggarandisusun dan dilaksanakan berdasarkan basis akrual, maka LRAdisusun berdasarkan basis akrual. &edangkan LO berbasis akrual.'LRA menyajikan pendapatan dan belanja yang berbasis kas,sedangkan LO menyajikan pendapatan dan beban yang berbasis akrual.
    3. Akibat dari perbedaan basis akuntansi yang , Pada LRA,pembelian aset tetap dikategorikan sebagai belanja modal ataupengurang pendapatan, sedangkan pada LO, pembelian aset tetaptidak diakui sebagai pengurang pendapatan.
    4. Pengakuan pendapatan
    Pendapatan-LO diakui pada saat timbulnya hak atas pendapatan tersebut atau ada aliran masuk sumber daya ekonomi
    Pendapatan-LRA diakui pada saat kas diterima di rekening kasumum negara/daerah atau oleh entitas pelaporan.
    5. Pendapatan LRA adalah semua penerimaan Rekening kas umum negara/daerah yang menambah saldo Anggaran lebih dalam periode tahun anggaran yang bersangkutan yang menjadi hak pemerintah,dan tidak perlu dibayarkembali oleh pemerintah.Pendapatan-LO adalah hak pemerintah pusat/daerah yang diakuisebagai penambah ekuitas dalam periode tahun anggaran yang bersangkurtan dan tidak perlu dibayar kembali.

    BalasHapus
  11. Nama : Ambar Wati
    Kelas : XI Akuntansi

    1.)Menurut saya,dari 7 laporan di atas
    Memiliki keterkaitan satu sama lain
    karena masing-masing menjelaskan
    tentang penyajian
    ikhtisar,dan pemakaian
    sumber daya keuangan yg dikelola
    oleh pemda,serta pos equitas awal
    juga menggambarkan suatu
    perbandingan jumlah anggaran dan
    realisasi
    2.) Laporan yang paling memiliki
    pengaruh terhadap suatu organisasi
    pemerintah adalah Catatan Atas
    Laporan Keuangan (CALK) karena,
    menurut PSAP No.4 Paragraf 64
    biasanya disajikan dengan susunan
    sebagai berikut :
    • Informasi Umum tentang entitas
    pelaporan dan entitas akuntansi
    • Kebijakan fiskal / keuangan dan
    ekonomi makro
    • Ikhtisar pencapaian target
    keuangan berikut hambatan dan
    kendalanya
    • Kebijakan akuntansi yang penting
    Penjelasan pos-pos Laporan Keuangan
    Pengungkapan informasi yang
    diharuskan oleh Pernyataan Standar
    Akuntansi pemerintah yang belum
    disajikan dalam lembar muka LK
    Informasi tambahan lainnya yang
    diperlukan
    3.)LRA,Laporan yg menyajikan ikhtisar
    sumber alokasi,dan pemakaian sumber
    daya Keuangan.sedangkan Laporan LO
    (Laporan Operasional) adalah laporan
    yang menyajikan kegiatan operasional
    keuanga yang mencakup pendapatan,
    biaya, dan surplus/defisit
    disandingkan dengan periode
    sebelumnya.

    BalasHapus
  12. Nama :Yanni
    Kelas :XI-AK

    JAWABAN

    1). Saling berkaitan,berdasarkan PP No 71 Tahun 2010,dari 7 laporan diatas berisi tentang posisi keuangan dan pelaksanaan anggaran menurut komponennya.

    2). Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK) yaitu jenis laporan keuangan pemerintah yang memuat catatan atas laporan keuangan,yang meliputi penjelasan naratif atau rincian dari angka yang tertera dalam masing - masing laporan.

    3). Laporan LRA,yaitu laporan keuangan pemerintah yang menyajikan ikhtisar sumber,alokasi,dan pemakaian sumber daya keuangan,yang dikelola oleh pemerintah pusat/daerah,yang menggambarkan perbandingan antara Anggaran dan realisasinya dalam satu periode laporan.
    Lapora LO,yaitu jenis laporan keuangan pemerintah (pusat/daerah) yang menyajikan ikhtisar sumber daya ekonomi yang menambah ekuitas dan penggunaannya yang dikelola oleh pemerintah pusat/daerah.

    BalasHapus
  13. NAMA : ALISA ZAINUROHMAH
    KELAS: XI AKUNTANSI

    JAWABAN :

    1).Tentu saja laporan keuangan akan saling berkaitan karena dalam akuntansi keuangan pemerintah daerah, terdapat beberapa kelompok transaksi, yaitu transaksi pendapatan, transaksi belanja, transaksi penerimaan, dan transaksi pembiayaan. Transaksi transaksi tersebut pada umumnya terjadi dalam setiap periode akuntansi dan merupakan komponen penting yang terdapat dalam akuntansi pemerintah daerah.

    2). CaLK (Catatan atas Laporan Keuangan)
    Karena merupakan bagian dari laporan keuangan yang menyajikan informasi mengenai penjelasan pos-pos laporan keuangan. Tujuannya agar laporan keuangan pemerintah daerah dapat dipahami dan dibandingkan dengan laporan keuangan entitas lainnya.

    3).Laporan Realisasi Anggaran atau yang biasa disebut dengan LRA merupakan laporan yang menggambarkan realisasi pendapatan, belanja, dan pembiayaan selama satu periode akuntansi.
    Sedangkan
    Laporan Operasional (LO) adalah jenis laporan keuangan pemerintah (pusat/ daerah) yang menyajikan ikhtisar sumber daya ekonomi, yang menambah ekuitas dan penggunaannya yang dikelola oleh pemerintah pusat atau daerah untuk kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dalam satu periode pelaporan.

    BalasHapus
  14. NAMA: SITI AISYAH
    KELAS : XI AKUNTANSI
    JAWABAN :
    1). 7 Laporan tersebut memiliki keterkaitan yg sangat erat dalam pelaksanaan akuntansi pemerintahan karena masing-masing laporan memiliki fungsi yg saling melengkapi satu sama lainnya. Laporan-laporan tersebut menghimpun informasi mengenai nominal-nominal dari pendapatan/penerimaan suatu badan pemerintahan, pengeluaran/pembiayaan, kenaikan/penurunan saldo anggaran lebih, arus masuk/keluar kas, dsb. Sehingga pada akhirnya dari data-data tersebut dapat diketahui surplus/defisit, perubahan ekuitas, serta neraca dalam suatu badan pemerintahan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa 7 laporan tsb saling berkaitan.

    2). CALK (Catatan Atas Laporan Keuangan) merupakan laporan yg paling berpengaruh atas laporan-laporan lainnya karena di dalamnya memuat informasi tentang rincian nominal-nominal yg terdapat dalam LRA, Laporan Perubahan SAL, Laporan Opersional, Laporan Perubahan Ekuitas, Neraca dan Laporan Arus Kas. Dan jg CALK ini memberikan penjelasan secara lebih terperinci akan hal-hal yg perlu dijelaskan Sehingga menghasilkan Penyajian Laporan keuangan secara wajar. Selain itu, CALK memuat informasi mengenai kebijakan moneter dan fiskal, serta kebijakan akuntansi yg digunakan dalam suatu entitas pelaporan.

    3). LRA (Laporan Realisasi Anggaran) merupakan laporan keuangan pemerintah yg menyajikan ikhtisar sumber, alokasi dan pemakaian keuangan yg dikelola oleh pemerintah pusat/daerah, laporan ini menggambarkan perbandingan antara besar Anggaran dgn Realisasinya.
    LRA sendiri mempunyai beberapa unsur yakni Pendapatan asli daerah, pendapatan transfer, pendapatan lain yg sah, belanja operasional, belanja modal, belanja tak tersangka, transfer, penerimaan pembiayaan serta pengeluaran pembiayaan.
    Sedangkan
    LO (Laporan Opersional) merupakan jenis laporan keuangan pemerintah yg menyajikan ikhtisar sumber daya ekonomi yg menambah ekuitas dan penggunaannya yg dikelola untuk kegiatan penyelenggaraan pemerintahan. LO ini mempunyai beberapa unsur yg hampir sama dengan LRA hanya saja istilah belanja dalam LO disebut sebagai beban, selain itu dalam LO tidak ada istilah pembiayaan. serta dalam LO terdapat pos-pos luar biasa yg tdk terdapat dalam LRA.

    BalasHapus
  15. Nama : Salsa Artyani
    Kelas: Xl - Akuntansi

    Jawaban :
    1). Dari ke-7 laporan di atas sangat berkaitan satu sama lain, berdasarkan PP Nomor 71 thn 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) dalam menerapkan akuntansi berbasis akrual, terdapat beberapa faktor penting yang harus diperhatikan dalam penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah. Beberapa faktor penting tersebut merupakan konsep dasar bagi penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah, konsep dasar tersebut antara lain : LRA, Perubahan SAL, Neraca, LO, Laporan arus kas, Laporan perubahan ekuitas, dan CaLK.

    2). Yaitu Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK), karena CaLK meliputi penjelasan naratif atau rincian dari angka yang tertera dalam LRA, Laporan Perubahan SAL, Laporan Operasional (LO), Laporan Perubahan Ekuitas (LPE), Neraca, dan LAK. CaLK juga mencakup informasi tentang kebijakan akuntansi yang dipergunakan oleh entitas pelaporan dan informasi lain yang diharuskan dan dianjurkan untuk diungkapkan di dalam Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) serta ungkapan-ungkapan yang diperlukan untuk menghasilkan penyajian laporan keuangan secara wajar.

    3). ●Laporan Realisasi Anggaran (LRA) adalah laporan yang menyajikan informasi realisasi pendapatan, belanja, transfer, surplus/defisit, pembiayaan, dan sisa lebih/kurang pembiayaan anggaran, yang masing-masing diperbandingkan dengan anggarannya dalam satu periode.
    ● Laporan Operasional (LO) adalah salah satu unsur laporan keuangan yang menyajikan ikhtisar sumber daya ekonomi yang menambah ekuitas dan penggunaannya yang dikelola oleh pemerintah pusat/daerah untuk kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dalam satu periode pelaporan. Unsur yang dicakup secara langsung dalam Laporan Operasional terdiri dari pendapatan-LO, beban, transfer, dan pos-pos luar biasa.

    BalasHapus
  16. Nama:M. Abi Azriel Ramadhan
    Kelas:XI Akuntansi

    1.Laporan-laporan diatas saling memiliki kaitan karena masing-masing memiliki fungsi yang saling melengkapi dalam menghimpun informasi mengenai nominal-nominal dari pendapatan, pengeluaran, kenaikan atau penurunan saldo anggaran lebih, arus masuk/keluar kas, dsb. Dan pada akhirnya dari data-data tersebut dapat diketahui surplus/defisit, perubahan ekuitas, serta neraca dalam suatu badan pemerintahan. 

    2.Yaitu laporan CALK karena didalam nya menyajikan informasi laporan keuangan secara lengkap dan angka dari setiap laporan keuangan disajikan secara naratif sehingga pemerintah dapat mengetahui keuangan yang ada pada pemerintah tersebut

    3. LRA merupakan laporan yang menggambarkan realisasi pendapatan, belanja, dan pembiayaan selama satu periode akuntansi.
    Sedangkan
    Laporan Operasional (LO) adalah jenis laporan keuangan pemerintah (pusat/ daerah) yang menyajikan ikhtisar sumber daya ekonomi, yang menambah ekuitas dan penggunaannya yang dikelola oleh pemerintah pusat atau daerah nya kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dalam satu periode pelaporan

    BalasHapus
  17. NAMA : PUTRI RAHMAN
    KELAS: XI-AKUNTASI
    JAWABAN:

    1). Iya, dari ke 7 laporan keuangan pemerintah tersebut saling berkaitan. Karena pada tahap akhir pelaporan keuangan yaitu Laporan Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK) sangat memerlukan rincian data keuangan dari seluruh laporan keuangan sebelumnya. Mulai dari data rincian perbandingan antara anggaran dan realisasinya pada LRA, kenaikan dan penurunan saldo per periode pada laporan perubahan SAL, gambaran posisi keuangan mengenai aset dan kewajiban serta ekuitas pada laporan neraca, data ikhtisar sumber daya ekonomi yang menambah ekuitas dan penggunannya untuk kegiatan penyelenggaraan pemerintah pada Laporan Opersional (LO), data kas yang menggambarkan saldo awal dan saldo akhir kas pada Laporan Arus Kas, dan rincian awal hingga akhir ekuitas pada Laporan perubahan Ekuitas.

    2). Laporan yang memiliki pengaruh terhadap organisasi pemerintah yaitu laporan Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK). Karena pada CaLK memuat seluruh rincian data keuangan per periode pada Pemerintahan tersebut. Sehingga organisasi pemerintah tersebut dapat dengan mudah mengambil suatu kebijakan tertentu yang berhubungan dengan keuangan karena organisasi pemerintah tersebut dapat dengan mudah melihat gambaran keuangan secara jelas dan terperinci melalui laporan Catatan atas Keuangan (CaLK)

    3). Laporan Realisasi Anggaran (LRA) adalah laporan keuangan pemerintah yang menyajikan ikhtisar sumber, alokasi, dan pemakaian sumber daya keuangan, yang dikelola oleh pemerintah pusat/daerah, yang menggambarkan perbandingan antara anggaran dan realisasinya dalam Satu periode pelaporan. LRA mengandung 4 unsur yaitu: Pendapatan, Belanja, Transfer, dan Pembiayaan.
    Sedangkan
    Laporan Operasional (LO)laporan operasional adalah jenis laporan keuangan pemerintah (pusat/ daerah) yang menyajikan ikhtisar sumber daya ekonomi, yang menambah ekuitas dan penggunaannya yang dikelola oleh pemerintah pusat atau daerah untuk kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dalam satu periode pelaporan. Laporan Operasional (LO) memiliki 4 unsur, diantaranya: pendapatan-LO, beban, transfer, dan pos-pos luar biasa.

    BalasHapus
  18. NAMA : PUTRI RAHMAN
    KELAS: XI-AKUNTASI
    JAWABAN:

    1). Iya, dari ke 7 laporan keuangan pemerintah tersebut saling berkaitan. Karena pada tahap akhir pelaporan keuangan yaitu Laporan Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK) sangat memerlukan rincian data keuangan dari seluruh laporan keuangan sebelumnya. Mulai dari data rincian perbandingan antara anggaran dan realisasinya pada LRA, kenaikan dan penurunan saldo per periode pada laporan perubahan SAL, gambaran posisi keuangan mengenai aset dan kewajiban serta ekuitas pada laporan neraca, data ikhtisar sumber daya ekonomi yang menambah ekuitas dan penggunannya untuk kegiatan penyelenggaraan pemerintah pada Laporan Opersional (LO), data kas yang menggambarkan saldo awal dan saldo akhir kas pada Laporan Arus Kas, dan rincian awal hingga akhir ekuitas pada Laporan perubahan Ekuitas.

    2). Laporan yang memiliki pengaruh terhadap organisasi pemerintah yaitu laporan Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK). Karena pada CaLK memuat seluruh rincian data keuangan per periode pada Pemerintahan tersebut. Sehingga organisasi pemerintah tersebut dapat dengan mudah mengambil suatu kebijakan tertentu yang berhubungan dengan keuangan karena organisasi pemerintah tersebut dapat dengan mudah melihat gambaran keuangan secara jelas dan terperinci melalui laporan Catatan atas Keuangan (CaLK)

    3). Laporan Realisasi Anggaran (LRA) adalah laporan keuangan pemerintah yang menyajikan ikhtisar sumber, alokasi, dan pemakaian sumber daya keuangan, yang dikelola oleh pemerintah pusat/daerah, yang menggambarkan perbandingan antara anggaran dan realisasinya dalam Satu periode pelaporan. LRA mengandung 4 unsur yaitu: Pendapatan, Belanja, Transfer, dan Pembiayaan.
    Sedangkan
    Laporan Operasional (LO)laporan operasional adalah jenis laporan keuangan pemerintah (pusat/ daerah) yang menyajikan ikhtisar sumber daya ekonomi, yang menambah ekuitas dan penggunaannya yang dikelola oleh pemerintah pusat atau daerah untuk kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dalam satu periode pelaporan. Laporan Operasional (LO) memiliki 4 unsur, diantaranya: pendapatan-LO, beban, transfer, dan pos-pos luar biasa.

    BalasHapus
  19. Nama : moh arian
    Kelas: xl akuntansi
    Jawaban

    1.7 jenis laporan keuangan pemerintah daerah
    Sangat berkaitan karena sangat berhubungan
    Sama lainya untuk satu tujuan tersebut dan
    Dalam perkejaanya menyusun dari tahap ke
    tahap
    2.calk(catatan atas laporan keuangan) CALK merupakan jenis laporan keuangan pemerintah yang nenuat catatan atas laporan keuangan, meliputi penjelasan naratif atau rincian dari angka yang tertera dalam laporan realisasi anggaran, laporan peribahan SAL, laporan operasional, laporan perubahan ekuitas, neraca, da laporan aruas kas.

    Selain itu, jenis laporan keuangan pemerintah ini juga mencakup informasi tentang kebijakan akuntansi yang digunakan oleh entitas pelaporan dan informasi lain yang diharuskan dan dianjurkan untuk diungkapkan dalam Standar Akuntansi Pemerintahan serta ungkapan-ungkapan yang diperlukan untuk menghasilkan penyajian laporan keuangan secara wajar.
    3.Laporan Realisasi Anggaran (LRA) adalah laporan yang menyajikan informasi realisasi pendapatan, belanja, transfer, surplus/defisit, pembiayaan, dan sisa lebih/kurang pembiayaan anggaran, yang masing-masing diperbandingkan dengan anggarannya dalam satu periode.

    LO (Laporan Operasional) adalah salah satu unsur laporan keuangan yang menyajikan ikhtisar sumber daya ekonomi yang menambah ekuitas dan penggunaannya yang dikelola oleh pemerintah pusat/daerah untuk kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dalam satu periode pelaporan.

    BalasHapus
  20. Nama:Muhamad Fikri
    Kelas:Xl-Akuntansi
    Jawaban


    1.7 jenis laporan keuangan pemerintah daerah
    Sangat berkaitan karena sangat berhubungan
    Sama lainya untuk satu tujuan tersebut dan
    Dalam perkejaanya menyusun dari tahap ke
    tahap
    2). Laporan yang memiliki pengaruh terhadap organisasi pemerintah yaitu laporan Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK). Karena pada CaLK memuat seluruh rincian data keuangan per periode pada Pemerintahan tersebut. Sehingga organisasi pemerintah tersebut dapat dengan mudah mengambil suatu kebijakan tertentu yang berhubungan dengan keuangan karena organisasi pemerintah tersebut dapat dengan mudah melihat gambaran keuangan secara jelas dan terperinci melalui laporan Catatan atas Keuangan (CaLK)


    3. LRA merupakan laporan yang menggambarkan realisasi pendapatan, belanja, dan pembiayaan selama satu periode akuntansi.
    Sedangkan
    Laporan Operasional (LO) adalah jenis laporan keuangan pemerintah (pusat/ daerah) yang menyajikan ikhtisar sumber daya ekonomi, yang menambah ekuitas dan penggunaannya yang dikelola oleh pemerintah pusat atau daerah nya kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dalam satu periode pelaporan

    BalasHapus
  21. NAMA :Jalaludin
    KELAS:XI-Akutansi
    JAWABAN

    1). 7 laporan terebut memiliki keterkaitan yang sangat erat dalam pelaksanaan akutansi pemerintahan karena masing masing laporan memiliki fungsi yang saling melengkapi satu sama lainnya.Laporan laporan tersebut menghimpun informasi mengenai nominal-nominal dari pendapatan/penerimaan suatu badan pemerintahan.

    2). Yaitu laporan CALK karena Didalam nya menyajikan informasi laporan keuangan secara lengkap dan angka dari setiap laporan keuangan disajikan secara naratif sehingga pemerintah dapat mengetahui keuangan yang ada pada pemerintahan tersebut.

    3). •LRA(Laporan Realisasi Anggaran) adalah laporan yang menyajikan informasi realisasi pendapatan, belanja, transfer, surplus/defisit, pembiayaan dan sisa lebih/kurang pembiayaan anggaran, yang masing- masing diperbandingkan dengan anggaran nya dalam satu periode.
    •LO (Laporan Oprasional) adalah salah satu unsur laporan keuangan yang menyajikan ihktisar sumber daya ekonomi yang menambah ekuitas dan penggunaan nya yang dikelola oleh pemerintah pusat/daerah untuk kegiatan penyelenggaraan pemerintah dalam satu priode pelaporan.

    BalasHapus
  22. Nama :Raden Rafly Dwi Fadillah
    Kelas :XI Akuntansi

    "JAWABAN"
    1. Iya, Seluruh laporan tersebut memiliki keterkaitan Satu sama lain untuk pelaksanaan akuntansi pemerintahan daerah, karena memiliki fungsi Yang saling melengkapi satu sama lain. Semuanyaa komponen memberikan pelaporan keunangan. Pada tahap Akhir pelaporan membutuhkan rincian dari seluruh laporan sebelumnya.

    2.laporan CALK, kerena di dalamnya menyajikan suatu informasi laporan keuangan secara lengkap mulai dari LRA,perubahan saldo anggaran, neraca, perubahan modal, Laporan operasional, dan juga laporan arus kas.

    3. LRA : Laporan keuangan pemerintah yang menyajikan ikhtisar sumber, alokasi, dan pemakaian sumber daya keuangan, yang dikelola oleh pemerintah pusat/daerah, yang menggambarkan perbandingan antara anggaran dan realisasinya dalam Satu periode pelaporan.

    LO : Laporan operasional adalah jenis laporan keuangan pemerintah (pusat/ daerah) yang menyajikan ikhtisar sumber daya ekonomi, yang menambah ekuitas dan penggunaannya yang dikelola oleh pemerintah pusat atau daerah untuk kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dalam satu periode pelaporan.

    BalasHapus
  23. Nama:M.Taufik

    Kelas : XI - ak

    Jawaban

    1). Iya, dari ke 7 laporan keuangan pemerintah tersebut saling berkaitan. Karena pada tahap akhir pelaporan keuangan yaitu Laporan Catatan GB atas Laporan Keuangan (CaLK) sangat memerlukan rincian data keuangan dari seluruh laporan keuangan sebelumnya. Mulai dari data rincian perbandingan antara anggaran dan realisasinya pada LRA, kenaikan dan penurunan saldo per periode pada laporan perubahan SAL, gambaran posisi keuangan mengenai aset dan kewajiban serta ekuitas pada laporan neraca, data ikhtisar sumber daya ekonomi yang menambah ekuitas dan penggunannya untuk kegiatan penyelenggaraan pemerintah pada Laporan Opersional (LO), data kas yang menggambarkan saldo awal dan saldo akhir kas pada Laporan Arus Kas, dan rincian awal hingga akhir ekuitas pada Laporan perubahan Ekuitas.

    2). CALK (Catatan Atas Laporan Keuangan) merupakan laporan yg paling berpengaruh atas laporan-laporan lainnya karena di dalamnya memuat informasi tentang rincian nominal-nominal yg terdapat dalam LRA, Laporan Perubahan SAL, Laporan Opersional, Laporan Perubahan Ekuitas, Neraca dan Laporan Arus Kas. Dan jg CALK ini memberikan penjelasan secara lebih terperinci akan hal-hal yg perlu dijelaskan Sehingga menghasilkan Penyajian Laporan keuangan secara wajar. Selain itu, CALK memuat informasi mengenai kebijakan moneter dan fiskal, serta kebijakan akuntansi yg digunakan dalam suatu entitas pelaporan.

    3).Laporan Realisasi Anggaran atau yang biasa disebut dengan LRA merupakan laporan yang menggambarkan realisasi pendapatan, belanja, dan pembiayaan selama satu periode akuntansi.
    Sedangkan
    Laporan Operasional (LO) adalah jenis laporan keuangan pemerintah (pusat/ daerah) yang menyajikan ikhtisar sumber daya ekonomi, yang menambah ekuitas dan penggunaannya yang dikelola oleh pemerintah pusat atau daerah untuk kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dalam satu periode pelaporan.

    BalasHapus
  24. NAMA:Muhamad Taufik N
    KLS :XI AKUNTANSI
    1).Tentu saja laporan keuangan akan saling berkaitan karena dalam akuntansi keuangan pemerintah daerah, terdapat beberapa kelompok transaksi, yaitu transaksi pendapatan, transaksi belanja, transaksi penerimaan, dan transaksi pembiayaan. Transaksi transaksi tersebut pada umumnya terjadi dalam setiap periode akuntansi dan merupakan komponen penting yang terdapat dalam akuntansi pemerintah daerah.

    2). CaLK (Catatan atas Laporan Keuangan)
    Karena merupakan bagian dari laporan keuangan yang menyajikan informasi mengenai penjelasan pos-pos laporan keuangan. Tujuannya agar laporan keuangan pemerintah daerah dapat dipahami dan dibandingkan dengan laporan keuangan entitas lainnya.

    3).Laporan Realisasi Anggaran atau yang biasa disebut dengan LRA merupakan laporan yang menggambarkan realisasi pendapatan, belanja, dan pembiayaan selama satu periode akuntansi.
    Sedangkan
    Laporan Operasional (LO) adalah jenis laporan keuangan pemerintah (pusat/ daerah) yang menyajikan ikhtisar sumber daya ekonomi, yang menambah ekuitas dan penggunaannya yang dikelola oleh pemerintah pusat atau daerah untuk kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dalam satu periode pelaporan.

    BalasHapus
  25. Nama:m.hamzah
    kelas:XI-ak

    jawaban:
    1).iya,dari 7 jenis laporan di atas sangat berakitan dengan keuangan pemerintah daerah karena sangat berhubungan satu Sama lainya untuk satu tujuan dan dalam perkejaanya menyusun dari tahap ketahap lainnya.

    2).CALK merupakan jenis laporan keuangan pemerintah yang memuat catatan atas laporan keuangan, meliputi penjelasan naratif atau rincian dari angka yang tertera dalam laporan realisasi anggaran, laporan perubahan SAL, laporan operasional, laporan perubahan ekuitas, neraca, dan laporan arus kas.

    3).Laporan Realisasi Anggaran (LRA) adalah laporan yang menyajikan informasi realisasi pendapatan, belanja, transfer, surplus/defisit, pembiayaan, dan sisa lebih/kurang pembiayaan anggaran, yang masing-masing diperbandingkan dengan anggarannya dalam satu periode.

    Laporan Operasional adalah salah satu unsur laporan keuangan yang menyajikan ikhtisar sumber daya ekonomi yang menambah ekuitas dan penggunaannya yang dikelola oleh pemerintah pusat/daerah untuk kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dalam satu periode pelaporan.

    perbedaan laporan realisasi anggaran dan laporan operasional ada pada basis akuntansi yang digunakan.

    BalasHapus
  26. Nama : M.Aldi Setiawan
    Kelas : XI - Akutansi
    Jawaban

    1. Ya, karena laporan merupakan hasil dari proses akutansi yang dapat digunakan sebagai alat komunikasi antara data keuangan suatu perusahaan dengan pihak yang berkepentingan dengan data.

    2. Laporan operasional dapat menambah ilmu atau penggunaannya yang dikelola oleh pemerintah pusat penyelenggaraan pemerintah.

    3. Perbedaan LRA dan LO
    LRA-laporan keuangan pemerintah ( pusat \ daerah ) yang menyajikan ikhtisar sumber daya ekonomi untuk kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dalam satu periode pelaporan.

    BalasHapus
  27. NAMA :Moh Fauzan
    KELAS:XI-Akutansi
    JAWABAN

    1). 7 laporan terebut memiliki keterkaitan yang sangat erat dalam pelaksanaan akutansi pemerintahan karena masing masing laporan memiliki fungsi yang saling melengkapi satu sama lainnya.Laporan laporan tersebut menghimpun informasi mengenai nominal-nominal dari pendapatan/penerimaan suatu badan pemerintahan.

    2). Yaitu laporan CALK karena Didalam nya menyajikan informasi laporan keuangan secara lengkap dan angka dari setiap laporan keuangan disajikan secara naratif sehingga pemerintah dapat mengetahui keuangan yang ada pada pemerintahan tersebut.

    3). •LRA(Laporan Realisasi Anggaran) adalah laporan yang menyajikan informasi realisasi pendapatan, belanja, transfer, surplus/defisit, pembiayaan dan sisa lebih/kurang pembiayaan anggaran, yang masing- masing diperbandingkan dengan anggaran nya dalam satu periode.
    •LO (Laporan Oprasional) adalah salah satu unsur laporan keuangan yang menyajikan ihktisar sumber daya ekonomi yang menambah ekuitas dan penggunaan nya yang dikelola oleh pemerintah pusat/daerah untuk kegiatan penyelenggaraan pemerintah dalam satu priode pelaporan.

    BalasHapus
  28. Nama : IRWAN ARIANSYAH
    Kelas : XI - Akuntansi

    Jawaban !

    1). Memang benar 7 laporan tersebut memiliki keterkaitan untuk informasi dalam pelaksanaan akuntansi pemerintah karena satu per satu laporan tersebut saling melengkapi dan berkaitan mengenai informasi anggaran - anggaran keuangan pemerintah . Jika salah satu dari 7 laporan tersebut tidak ada maka hasil laporan keuangan pemerintah tidak akan maksimal

    2). Laporan yang paling berpengaruh/penting yaitu CALK karena menyajikan laporan yang cukup lengkap dan nominalnya disajikan secara naratif sehingga pemerintah dapat mengetahui mengenai informasi anggaran - anggaran dalam pemerintahan

    3). LRA adalah suatu laporan yang menyangkut mengenai pendapatan, belanja, dan transper untuk mengetahui surplus/depisit pada suatu kegiatan anggaran dalam suatu periode akuntansi pemerintah
    LO adalah laporan keuangan/anggaran pemerintah yang menyajikan ikhtisar sumber daya ekonomi yang menambah ekuitas dan penggunaannya yang dilakukan oleh pemerintah pusat atau daerah pada suatu periode.

    BalasHapus